Stok Beras Nasional Mencukupi Jokowi Optimistis Harga Beras akan Turun dalam 1 Bulan

- 4 Maret 2024, 12:18 WIB
Beras
Beras /

BaraPost.co.id - Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), optimistis bahwa harga beras akan mengalami penurunan menjelang panen raya yang akan datang dalam waktu satu bulan.

"Panen raya akan segera dimulai dalam satu bulan ke depan, dan saya yakin harga beras akan turun secara signifikan," ujar Jokowi kepada wartawan sebelum keberangkatannya untuk kunjungan kenegaraan ke Australia pada Senin, 04 Maret 2024.

Menurut Presiden, stok beras nasional saat ini mencukupi, terutama untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024.

Baca Juga: BPS Dampak El Nino Turunkan Produksi Beras Nasional

"Dengan mendekati bulan puasa dan Lebaran, ketersediaan bahan pokok menjadi sangat penting. Saya yakin stok beras tidak akan menjadi masalah, dan kami juga akan memperhatikan ketersediaan bahan lainnya secara detail," tambahnya.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk memeriksa langsung harga beras di pasar tradisional seperti Pasar Induk Beras Cipinang atau Pasar Johar Karawang, yang menurutnya sudah mengalami penurunan harga.

Baca Juga: KPPU akan Selidiki Dugaan Praktik Perdagangan Tidak Sehat Harga Beras

"Silakan periksa langsung di lapangan, dan saya yakin harga sudah turun, meskipun hal ini mungkin tidak mencerminkan situasi harga di seluruh negeri. Namun, saya mengerti bahwa fluktuasi harga adalah hal yang biasa," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) telah memperkirakan bahwa potensi produksi beras nasional dari panen raya yang akan berlangsung pada Maret-April 2024 diperkirakan mencapai 8,46 juta ton.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah