Harga CPO di Bursa Malaysia Melonjak Dipicu Kenaikan Harga Minyak Nabati di Pasar Dalian China dan AS

- 7 Mei 2024, 21:50 WIB
Harga CPO di Bursa Malaysia Melonjak Dipicu Kenaikan Harga Minyak Nabati di Pasar Dalian China dan Chicago Board of Trade AS
Harga CPO di Bursa Malaysia Melonjak Dipicu Kenaikan Harga Minyak Nabati di Pasar Dalian China dan Chicago Board of Trade AS /Foto: Dok Polres Waykanan/

BaraPost.co.id - Harga minyak sawit mentah (CPO) mengalami kenaikan pada perdagangan kemarin, meskipun masih terkendali dalam tren negatifnya.

Pada Senin, 06 Mei 2024, harga CPO di Bursa Malaysia untuk kontrak pengiriman 3 bulan mendatang tercatat sebesar MYR 3.863/ton, mengalami kenaikan sebesar 0,49% dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan sebelumnya.

Baca Juga: Harga CPO Bursa Malaysia Alami Koreksi Tipis Intertek Testing Services Ekspor Minyak Sawit Mentah Jiran Turun

Meski demikian, dalam satu minggu terakhir, harga CPO masih mengalami penurunan sebesar 2,01% secara point-to-point. Bahkan, dalam satu bulan terakhir, terjadi penurunan signifikan sebesar 12,32%.

Kenaikan harga CPO kemarin dipicu oleh kenaikan harga minyak nabati lainnya, seperti minyak kedelai di pasar Dalian (China) yang naik 0,76%, dan di Chicago Board of Trade (Amerika Serikat) naik 0,93%.

Baca Juga: Harga Crude Palm Oil (CPO) di Pasar Berjangka Malaysia Naik Data Trading Economics Contract for Difference

Dalam konteks ini, ketika harga minyak kedelai naik, minyak sawit menjadi lebih menarik karena keduanya dapat saling menggantikan. Ini mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap CPO dan kenaikan harga sebagai hasilnya.

Namun, meskipun ada kenaikan, harga CPO sulit untuk melonjak karena terjadi pergerakan pasar dalam kisaran yang sempit.

Hal ini disebabkan oleh pasar di China yang baru saja dibuka setelah libur panjang merayakan Hari Buruh.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah