BI sebut Pertumbuhan Ekonomi Kota Solo Menunjukkan Peningkatan Diantara Daerah Lain di Jawa Tengah

- 2 Maret 2024, 09:26 WIB
Jelang Imlek, kawasan Balai Kota Solo hingga Pasar Gedhe jadi spot pesta lampion. Keindahan artistik ini tak ayal menjadi magnet terendiri bagi warga Solo. (Foto: Zefanya Permata Nindyatama)
Jelang Imlek, kawasan Balai Kota Solo hingga Pasar Gedhe jadi spot pesta lampion. Keindahan artistik ini tak ayal menjadi magnet terendiri bagi warga Solo. (Foto: Zefanya Permata Nindyatama) /

BaraPost.co.id - Bank Indonesia (BI) mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kota Solo, Jawa Tengah pada tahun 2023 yang menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan daerah lain di sekitar Solo Raya dan Jawa Tengah.

Menurut Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, pertumbuhan ekonomi Kota Solo pada tahun lalu mencapai 5,57 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi di wilayah Solo Raya yang mencapai 5,41 persen.

Bahkan, pertumbuhan ekonomi Kota Solo juga melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama.

Baca Juga: PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Bersama Perusahaan China Lanjutkan Proyek Hilirisasi Batu Bara

Pertumbuhan ekonomi yang signifikan ini dipandang positif oleh BI karena didorong oleh konsumsi yang tinggi dan beragam kegiatan ekonomi di Kota Solo.

Hal ini membuat BI memberikan apresiasi atas pencapaian tersebut.

Deputi Gubernur juga mengharapkan agar BI Surakarta dapat terus berkolaborasi dengan mitra kerja di Kota Solo untuk menjaga kestabilan ekonomi daerah serta memperkuat kerja sama antardaerah.

Baca Juga: BPS NTP Sumut Mengalami Kenaikan Sebesar 1,09 persen

Selain itu, BI juga mendorong pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Solo, dengan mencatat adanya 530 pondok pesantren yang berpotensi untuk dikembangkan.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah