Erick Thohir Sebut Peresmian PT Smelting Gresik adalah Bukti Keseriusan Pemerintah dalam Hilirisasi

- 15 Desember 2023, 14:16 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir /Indrianto Eko Suwarso/

BaraPost.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, peresmian smelter milik PT Smelting di Gresik, Jawa Timur, menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menjalankan hilirisasi.

"Meskipun ada pihak yang tidak paham akan urgensi kebijakan hilirisasi, namun tindakan yang telah diambil Bapak Presiden Joko Widodo adalah langkah yang tepat dan kenyataan yang harus terjadi," ujar Erick melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 14 Desember 2023.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan PPL Pertanian Se Jawa Tengah Jangan Sampai Harga Cabai Capai Rp100 ribu per kilogram

Erick menyampaikan, Indonesia merupakan negara besar dengan sumber daya mineral yang melimpah. Kebijakan hilirisasi menjadi sebuah komitmen agar tidak lagi diperalat oleh bangsa lain.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa Indonesia tidak bisa secara terus-menerus menjual mineral mentah tanpa ada manfaat berkelanjutan, seperti penciptaan lapangan kerja maupun transfer teknologi.

Baca Juga: Caleg dari 5 Kabupaten Kota di Sumut ini serbu Pengadaian untuk Modal Kampanye

"Kalau ada pihak yang memprotes hilirisasi dan ingin kita terus-menerus menjual bahan mineral mentah, saya rasa perlu dipertanyakan nasionalismenya," ujar Erick.

Erick menjelaskan, PT Freeport Indonesia mendukung program hilirisasi dengan pembangunan smelter di Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: Mantap UMK Kendari Sultra Naik Rp118 Ribu Sesuai SK Pj Gubernur Sulteng Andap Budhi Revianto

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah