Harga Batu Bara Di Market ICE Newcastle Sumringah 0,18% India Pasarkan Perusahaan Batu Bara

- 26 April 2024, 14:13 WIB
Penambangan Batu Bara
Penambangan Batu Bara /Pixabay.com/HansPeter Schröer /

BaraPost.co.id - Harga batu bara menunjukkan kecenderungan penguatan tipis setelah mengalami koreksi selama tiga hari berturut-turut.

Berdasarkan data Refinitiv, pada penutupan perdagangan Kamis, 25 April 2024, harga kontrak batu bara Mei di ICE Newcastle naik sebesar 0,18% menjadi US$ 135,75 per ton.

Penguatan ini mengakhiri periode pelemahan yang terjadi sejak awal minggu ini, namun belum mampu sepenuhnya mengatasi depresiasi sebesar 4,23% yang terjadi selama satu pekan terakhir.

Baca Juga: BPS Ekspor Batu Bara Indonesia Turun Harga Batu Bara Kontrak ICE Newcastle Lesuh Pasar China Penentu

Kenaikan harga batu bara ini terjadi setelah Menteri Batu Bara dan Tenaga Listrik India, Piyush Goyal, mengumumkan rencana untuk menggelar lelang bagi perusahaan swasta guna mengeksploitasi dan memasarkan batu bara dalam waktu dekat.

Namun, India masih memprioritaskan penanganan pertambangan yang terhubung langsung dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

Baca Juga: Peringatan Hari Bumi Data Harga Batu Bara Refinitiv Alami Koreksi ICE Newscastle Turun 2,65% China Kunci

Perdana Menteri India, Narendra Modi, juga menyatakan keinginannya untuk meningkatkan produksi batu bara domestik dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Langkah ini diambil dengan mengeluarkan keputusan eksekutif pada Desember tahun lalu untuk membuka kembali industri batubara India yang sebelumnya dinasionalisasi.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x