Harga CPO Turun Pengiriman di Bursa Malaysia Loyo

- 9 Mei 2024, 14:03 WIB
Ilustrasi Tandan Kelapa Sawit
Ilustrasi Tandan Kelapa Sawit /Freepik/wirestock/

BaraPost.co.id - Harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) mengalami penurunan dalam perdagangan sebelumnya, membatalkan harapan kenaikan selama 3 hari berturut-turut.

Pada 8 Mei 2024, di Bursa Malaysia, harga kontrak pengiriman CPO untuk bulan Juli tercatat sebesar MYR 3.869 per ton, mengalami penurunan 1,55% dari hari sebelumnya.

Meskipun menguat selama 2 hari berturut-turut sebelumnya, tren positif itu tidak berlanjut hingga hari ketiga karena harga kembali merosot.

Baca Juga: Harga CPO di Bursa Malaysia Melonjak Dipicu Kenaikan Harga Minyak Nabati di Pasar Dalian China dan AS

Dalam satu minggu terakhir, harga CPO berhasil mencatat kenaikan sebesar 2,15% secara point-to-point, meskipun jika dilihat dalam rentang satu bulan, harga CPO mengalami penurunan sebesar 11,35%.

Penurunan harga CPO dipicu oleh koreksi pada harga minyak nabati lainnya. Seperti terlihat pada penurunan harga minyak kedelai di Dalian, China sebesar 0,13%, dan di Chicago Board of Trade, Amerika Serikat, yang merosot sebesar 1,17%.

Ketika harga minyak kedelai lebih rendah, minat terhadap CPO cenderung menurun karena keduanya memiliki sifat saling menggantikan satu sama lain.

Baca Juga: Harga CPO Bursa Malaysia Alami Koreksi Tipis Intertek Testing Services Ekspor Minyak Sawit Mentah Jiran Turun

Dari segi analisis teknikal, CPO masih terjebak dalam zona bearish jika dilihat dari perspektif harian.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah