Kamis ini Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Perdagangan Menurun Akibat Sentimen Negatif Komoditas

- 4 April 2024, 10:52 WIB
Kamis ini Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Perdagangan Menurun Akibat Sentimen Negatif Komoditas
Kamis ini Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Perdagangan Menurun Akibat Sentimen Negatif Komoditas /

BaraPost.co.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada hari Kamis 04 April 2024, membuka perdagangan dengan sedikit penurunan, dipengaruhi oleh sentimen negatif terkait harga komoditas yang menurun, yang diperkirakan akan terus menekan kinerja ekspor Indonesia.

Pada awal perdagangan pagi ini, rupiah mengalami penurunan sebesar 11 poin atau 0,07 persen, diperdagangkan pada level Rp15.931 per dolar AS, dibandingkan dengan sebelumnya Rp15.920 per dolar AS.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari ini Dipicu Kenaikan Inflasi Domestik Meningkatkan Pasar Ekonomi

Menurut analis mata uang, Lukman Leong, di Jakarta pada hari Kamis, 04 April 2024, rupiah masih tertekan oleh sentimen negatif terkait harga komoditas yang menurun, yang berpotensi terus menekan kinerja ekspor Indonesia, surplus, dan cadangan devisa.

Selain itu, investor juga mengawasi data terkait cadangan devisa Indonesia yang dijadwalkan akan dirilis esok hari.

Diperkirakan bahwa cadangan devisa Indonesia akan mengalami penurunan sebesar 1 miliar dolar AS, menyusut menjadi 143 miliar dolar AS.

Baca Juga: Nilai tukar Rupiah Dolar AS Alami Penurunan Kenaikan Data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS

Sementara itu, dalam pidatonya, Gubernur Federal Reserve (The Fed) Amerika Serikat, Jerome Powell, memberikan sinyal yang relatif dovish, menunjukkan kemungkinan untuk tetap memangkas suku bunga acuan atau Fed Funds Rate (FFR) tahun ini.

Lukman memproyeksikan bahwa nilai tukar rupiah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Rp15.850 hingga Rp16.000 per dolar AS dalam sesi perdagangan hari ini.

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah