APPSI Rancang Pelatihan Digitalisasi kepada Pedagang Pasar Tradisional

- 10 Mei 2024, 14:17 WIB
Ilustrasi pedagang tradisional. Pedagang tradisional.
Ilustrasi pedagang tradisional. Pedagang tradisional. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

BaraPost.co.id - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) telah merancang program pelatihan digital untuk mendukung pedagang di pasar tradisional agar tetap bersaing dengan pedagang daring.

Ketua Umum APPSI, Sudaryono, mengakui bahwa pedagang pasar tradisional sering menghadapi kendala permodalan dan pemasaran.

Dia menyoroti tantangan terbesar bagi pedagang yang menjual barang non-pangan, seperti pakaian dan sandal, yang harus bersaing dengan penjualan online.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Turun Berikut Analisa Harga Emas Antam

Sudaryono menegaskan bahwa digitalisasi adalah hal yang tak terhindarkan dan APPSI sedang mengembangkan program untuk mendidik pedagang pasar agar bisa berjualan secara daring.

Mengikuti kunjungannya ke Pasar Wage, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sudaryono menyatakan bahwa masalah utama bagi pedagang pasar tradisional adalah beradaptasi dengan perdagangan daring yang semakin merajalela.

Dia menekankan bahwa pedagang harus memahami cara berjualan secara daring untuk tetap memiliki daya saing di era digital ini.

Baca Juga: Harga CPO Turun Pengiriman di Bursa Malaysia Loyo

Sudaryono juga memperkuat ajakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk pedagang pasar tradisional agar mengikuti perkembangan teknologi, karena digitalisasi transaksi di kalangan pedagang pasar merupakan hal yang tak bisa dihindari.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah