Harga Batu Bara Melonjak Saham Emiten Tambang Batu Bara ini Ikut Terbang

- 16 April 2024, 12:35 WIB
Ilustrasi - Tumpukan batu bara
Ilustrasi - Tumpukan batu bara /Foto/Pexels-Mateusz Feliksik

BaraPost.co.id - Saham perusahaan tambang batu bara mengalami kenaikan pada hari Selasa 16 April 2024, setelah merespons positif terhadap kenaikan harga komoditas acuannya pada Senin (15/4).

Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.42 WIB, saham PT Harum Energy Tbk (HRUM) melonjak 4,51 persen menjadi Rp1.405 per saham.

Baca Juga: Harga Batu Bara Menguat Dampak Kenaikan Harga Minyak Dunia Dipicu Serangan Iran ke Israel

Saham lainnya yang mengalami kenaikan termasuk PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) yang melonjak 4,48 persen, PT Alfa Energy Investama Tbk (FIRE) naik 4,00 persen, dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) naik 2,73 persen. Selain itu, saham-saham seperti PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), INDY, MBAP, UNTR, BUMI, ABMM, BYAN, ITMG, dan CUAN juga mengalami apresiasi.

Harga batu bara berjangka (futures) Newcastle untuk pengiriman Mei 2024 mengalami kenaikan sebesar 2,06 persen, mencapai USD136,5 per ton pada Senin (15/4).

Baca Juga: Harga Batu Bara Bertahan Diatas Level Psikologis Faktor Kenaikan Permintaan Energi Ukraina dan China

Ini menandai kenaikan harga batu bara di awal pekan setelah mengalami penurunan selama dua pekan terakhir. Secara mingguan, harga batu bara naik sebesar 3,6 persen menurut Barchart.

China dan India telah meningkatkan impor batu bara termal yang diangkut melalui laut ke level tertinggi dalam tiga bulan pada Maret 2024, menurut laporan dari Reuters.

Baca Juga: Harga Batu Bara Bangkit setelah India Perpanjang Operasi Pembangkit Listrik Berbasis Batu Bara

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x