Tingkatkan Produktivitas Sumur Migas Tua LEMIGAS Kementerian ESDM Kenalkan Teknologi Greentech Foaming Agent

- 20 April 2024, 21:28 WIB
Ilustrasi Rig Migas
Ilustrasi Rig Migas /

BaraPost.co.id - LEMIGAS Kementerian ESDM memperkenalkan teknologi terbaru bernama Greentech Foaming Agent untuk meningkatkan produktivitas sumur migas yang sudah berusia tua.

Menurut Kepala LEMIGAS, Mustafid Gunawan, Greentech Foaming Agent akan mendukung target produksi minyak sebesar satu juta barel per hari dan gas 12 miliar kaki kubik per hari.

Inovasi Greentech Foaming Agent telah melalui pengujian pada sampel air formasi dari sumur gas dan minyak, sebagai upaya untuk mengatasi tantangan penurunan produksi migas secara alami di Indonesia.

Baca Juga: Perusahaan Migas Asal Italia ENI Temukan Cadangan Migas Besar

Dengan usia sumur-sumur migas yang sudah mencapai lebih dari 20 hingga 50 tahun, tantangan utama saat ini adalah pengelolaan sumur-sumur tua agar tetap memberikan kontribusi signifikan terhadap produksi nasional.

Salah satu masalah yang dihadapi adalah water blocking, yang disebabkan oleh penipisan alami dan penerobosan air di dalam formasi, yang menyebabkan penurunan produksi gas secara signifikan.

Baca Juga: Komisi VII DPR RI Tawarkan Tiga Opsi Status SKK Migas Kepada Pemerintah

Untuk mengatasi masalah ini, LEMIGAS menginisiasi inovasi dengan menggunakan agen pembusa berbahan dasar tanaman yang ramah lingkungan, yang mampu mengatasi water blocking tanpa merusak reservoar atau peralatan produksi.

Dengan bantuan teknologi canggih dan tenaga ahli yang handal, LEMIGAS terus berupaya menjadi pionir dalam memberikan solusi terhadap tantangan di industri migas Indonesia.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x