Harga CPO Bursa Derivatif Malaysia Juli melemah 56 poin Imbas Pasar Minyak Kedelai Chicago Board of Trade CBOT

- 20 April 2024, 09:59 WIB
Harga CPO Bursa Derivatif Malaysia Juli melemah 56 poin Imbas Pasar Minyak Kedelai Chicago Board of Trade (CBOT)
Harga CPO Bursa Derivatif Malaysia Juli melemah 56 poin Imbas Pasar Minyak Kedelai Chicago Board of Trade (CBOT) /Freepik/wirestock/

BaraPost.co.id - Harga kontrak berjangka CPO untuk bulan Juli 2024 melemah sebesar 56 poin menjadi 3.928 ringgit per ton di Bursa Derivatif Malaysia, mencatat penurunan sekitar 6,7% dalam seminggu terakhir.

Kontrak untuk bulan Juni 2024 juga ditutup lebih rendah, turun 56 poin menjadi 3.983 ringgit per ton, mengalami penurunan sebesar 7,03% dalam seminggu.

Pelemahan ini terjadi karena pasar minyak kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT) terus melemah.

Baca Juga: Harga CPO di Bursa Malaysia Alami Penurunan 3,05 persen Hong Leong Investment Bank Bhd (HLIB) RM4.062 per ton

David Ng, seorang pedagang minyak sawit, mengindikasikan bahwa sentimen pasar dipengaruhi oleh antisipasi lonjakan produksi dalam beberapa minggu mendatang, yang memberikan tekanan tambahan pada pasar.

Dia menyebutkan bahwa ada dukungan pada level 3.850 ringgit per ton dan resistensi pada level 4.050 ringgit per ton.

Menurut laporan terpadu Genting Plantations Bhd 2023 yang disampaikan oleh Ketua Datuk Seri Mohd Zahidi Zainuddin, permintaan produksi sawit diprediksi meningkat karena harga CPO yang kompetitif dibandingkan dengan minyak nabati lainnya.

Baca Juga: Harga CPO di Bursa Derivatif Malaysia Mengalami Penurunan sebesar 1 Poin menjadi 4.024 Ringgit per Metrik ton

Meskipun demikian, harga minyak sawit diperkirakan tetap stabil pada level saat ini pada tahun 2024 karena adanya siklus produksi yang rendah secara musiman selama paruh pertama tahun ini.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x