Harga Batu Bara Pasar ICE Newcastle Menguat 0,77% David Blackmon China India Menjadi Kendala Transisi Energi

- 22 April 2024, 11:08 WIB
Batu Bara
Batu Bara /Foto/Dok-Hydropower

BaraPost.co.id - Harga Batu bara, mengalami fluktuasi setelah meningkatnya ketegangan geopolitik antara Iran dan Israel.

Menurut data terbaru dari Bloomberg, harga kontrak batu bara untuk April 2024 di ICE Newcastle menguat 0,77% menjadi US$130,60 per metrik ton pada perdagangan Jumat, 19 April 2024.

Kontrak tersebut telah mengalami kenaikan sebesar 1,04% dalam seminggu terakhir.

Baca Juga: Perang Iran Israel Harga Batu Bara Alami Fluktuasi ICE Newcastle 1,04% David Blackmon China dan India Penentu

Selain itu, harga kontrak batu bara untuk Mei 2024 juga naik 0,53% menjadi US$141,75 per metrik ton, mencatatkan kenaikan sebesar 5,98%.

Menurut analis kebijakan energi berbasis di Mansfield, TX, David Blackmon, China dan India masih menjadi kendala utama dalam upaya transisi energi global.

Sementara negara-negara Barat, seperti Jerman dan Inggris, terburu-buru dalam melaksanakan dekarbonisasi dan deindustrialisasi ekonomi mereka.

Baca Juga: Sentimen Positif China Harga Batu Bara Mengalami Penguatan Signifikan serta Pasar Rotterdam Naik

"Menaruh harapan pada pemimpin negara-negara berkembang untuk berperilaku sebaliknya tidaklah masuk akal," ungkapnya dalam sebuah artikel di Forbes, mengingat tingginya konsumsi batu bara di kedua negara tersebut yang menjadi pendorong utama ekonomi mereka.

Halaman:

Editor: Soefriyanto

Sumber: BaraPost.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah